Selasa, 28 Maret 2023

Workshop sebagai Pencetak Regenerasi Teater Tigakoma

 

Api unggun sebagai peresmian secara simbolis warga baru Teater Tigakoma 

Teater Tigakoma telah meresmikan 15 warga baru Teater Tigakoma, pada (12/03/23), 03.00 dini hari, di Balai Desa Kajar.

Sebelum meresmikan warga baru secara simbolis dengan cara siraman, terdapat beberapa rangkaian acara. Pra workshop dilaksanakan pada tanggal 16 – 20 Februari 2023. Sebagai bekal dasar, calon warga dikenalkan beberapa materi yang meliputi; penyutradaan, keaktoran, penulisan naskah, teknik pemanggungan, lighting, musik dan make up. Pemateri tentunya dari alumni Teater Tigakoma sendiri.

Bukan hanya mendapat teori saja, calon warga baru mendapatkan tugas untuk mempersiapkan suatu persembahan berupa pementasan teater yang dipentaskan di acara lanjutan yaitu Workshop. Tugas ini sebagai wujud dari luaran pra workshop dan penerapan materi yang usai disampaikan pemateri secara kelompok kecil.

Kurang lebih 3 minggu dalam mempersiapkan workshop, calon warga mempersiapkan naskah yang ditulis sendiri, jadwal latihan dan konsep pementasan setiap kelompok.

Tiba waktunya tanggal 10 – 12 Maret 2023, kegiatan workshop berlangsung. Di hari pertama diadakan materi tentang manajemen produksi, penulisan puisi, dan teknik kepemanggungan. Hari kedua, olah tubuh kemudian ada sobo kampung. Malam puncaknya adalah persembahan pementasan teater dari setiap kelompok dan panggung bebas. Tak lupa, warga setempat turut memeriahkan panggung bebas.

Usai sudah acara pementasan, disusulah acara peresmian calon warga baru menjadi warga baru dengan siraman yang dilakukan oleh alumni Tigakoma, sebagai simbolis. Di samping itu juga ada sarasehan dengan alumni dan api unggun.

Setelah diresmikan, rencananya warga baru akan diberdayakan sesuai minat bakat yang mereka punya, melalui ruang-ruang yang disediakan para pengurus Tigakoma.

Salam Hangat

Penulis

Teater Tigakoma.


Dokumentasi:




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar