Jumat, 28 Agustus 2015

Explore Tigakoma



Reorganisasi Teater Tigakoma 2015-2016
 
 


Kepemimpinan memainkan peranan yang penting dalam organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh sumber daya yang ada dalam organisasi tersebut. Di samping itu faktor yang sangat berperan penting adalah faktor kepemimpinan. Peran utama kepemimpinan adalah mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengembangan organisasi merupakan suatu kegiatan mengadakan perubahan secara berencana yang mencakup suatu diagnosa secara sistematis terhadap organisasi. Seorang pemimpin harus ikut aktif dalam mengatur pelaksanaan kegiatan usaha pengembangan organisasi. Keberhasilan kegiatan usaha pengembangan organisasi sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinannya atau pengelola dan komitmen pimpinan pucuk organisasi. Kepemimpinan merupakan suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin organisasi. Efektivitas seorang pemimpin ditentukan oleh kepiawaiannya mempengaruhi dan mengarahkan para anggotanya. (Euis Soliha dan Hersugondo;2008)



Begitulah kiranya hal yang dirasakan oleh anggota Teater Tigakoma. Setiap tahunnya diadakan pergantian kepemimpinan yang akan memimpin dalam satu periode ke depan. Kali ini pada hari Sabtu – Minggu, 8 – 9 Agustus 2015 telah diadakan reorganisasi (pergantian kepengurusan). Pada acara tersebut didapatkan hasil bahwa Teater Tigakoma periode 2015-2016 dibawah kepemimpinan Miftahul Umam (PGSD-Semester V).
Acara tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh elemen Teater Tigakoma dapat hadir dan memberikan suara dalam waktu pemungutan suara. Sebelum acara pemungutan dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan sesi untuk para calon menyampaikan alasan kesiapan atau ketidaksiapannya bila terpilih menjadi ketua. Hal tersebut ditujukan agar para pemilih dapat mempertimbangkan dalam menentukan pilihannya dan bagi para calon ketua dapat melepaskan segala keluh kesahnya supaya ketika terpilih nanti masalah yang ada dapat dituntaskan bersama para anggota yang lain.
Setelah acara perhitungan suara selesai dilanjutkan dengan sambutan yang dilakukan oleh ketua baru dan makan malam. Untuk mendukung terjadinya pergantian kepengurusan yang aman dan lancar, setelah itu diadakan laporan pertanggungjawaban dari pengurus lama (Ketua: M. Eko Bahruddin) kepada pengurus baru (Ketua: Miftahul Umam). Acara reorganisasi tersebut diakhiri dengan sesi padhang bulan atau acara diskusi untuk menyampaikan berbagai macam perasaan yang telah dirasakan selama pelaksanaan seluruh program kerja satu periode sebelumnya.
Semoga semua pengurus baru dan elemen-elemen Teater Tigakoma dapat saling bersinergi untuk terus berproses dalam kesenian, sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa maupun masyarakat yang dapat menikmati estetika dalam kehidupan dan bidang kesenian khususnya di Kabupaten Kudus dapat terus berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar