Minggu, 11 Oktober 2015

Explore Tigakoma

“Menuju Kebahagiaan” Meriahkan Panggung SAPAMABA FKIP UMK

        Salam Budaya !!
        “…. Menggenggam ombak samudera, lahirkan satu matahari.
        Belajar dari alam raya, demi cipta, rasa dan karsa. ….”

        Seni pertunjukan merupakan suatu bentuk karya seni yang dipertunjukkan dan melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan hadir dikarenakan kebutuhan masyarakat yang tidak hanya sebatas sarana ritual saja, tetapi juga sebagai hal terpenting dalam adat masyarakat. Selain itu hasrat dan keinginan manusia untuk menyaksikan pertunjukan yang dipergelarkan oleh orang lain, serta keinginan dari para seniman untuk disaksikan dan dan menggelarkan hasil karya mereka.
Pada hari Minggu, 6 September 2015 Teater Tigakoma mementaskan suatu lakon yang berjudul “Menuju Kebahagiaan” karya Teater Tigakoma dengan sangat baik dan menghibur. Pentas ini dilakukan di dalam aula Masjid Darul Ilmi UMK dengan durasi selama kurang lebih satu jam. Pentas tersebut tercatat menjadi pentas terlama dalam acara SAPAMABA (Masa Pengenalan Mahasiswa Baru) karena selama ini hanya rata-rata 30-45 menit saja.
        Acara pementasan dengan judul “Menuju Kebahagiaan” ini berjalan sangat baik dengan alur cerita yang mengangkat tentang sisi perjuangan dalam hidup seorang pegiat seni. Dengan pengaturan blocking pada pemain yang tersebar di area penonton (Mahasiswa baru FKIP UMK) menjadikan pementasan lebih seru dan penonton dapat ikut langsung berinteraksi / ikut berperan dalam pementasan. Akhir cerita ditunjukkan dengan tokoh “seniman” yang meski harus menghadapi kehancuran dalam rumah tangganya lalu kemudian bertekad dengan total untuk berkarya dalam hidupnya untuk mencapai pada sebuah kebahagiaan.
        Tujuan diadakannya pementasan dalam acara SAPAMABA ini selain untuk menghibur, ingin memperkenalkan cabang seni yakni seni pertunjukan kepada para mahasiswa baru FKIP UMK dan juga untuk mempertahankan eksistensi yang telah dibangun selama ini. Dengan kesenian kita dapat pula menyampaikan pembelajaran hidup dengan kemasan yang indah dan komunikatif. Dalam kesempatan kali ini, Teater Tigakoma sebagai wadah untuk berkesenian yang ada di lingkup FKIP UMK juga mengumumkan kepada semua mahasiswa baru untuk ikut bergabung dan berproses dalam kesenian. Selain sebagai pengisi waktu luang, kegiatan yang dimiliki Teater Tigakoma juga dapat dijadikan sebagai penyegar suasana di tengah-tengah kejenuhan yang timbul selama perkuliahan di kampus nantinya. Dengan ikut bergabung, diharapkan nantinya semua anggota dapat memiliki pengalaman yang dapat bermanfaat baginya kelak dari pengalaman ikut pementasan dan perlombaan seni, pengalaman kepanitiaan kegiatan, pencarian dana sponshorship, dan sebagainya.
               
“…. Semoga Tuhan ridhai kita, melantunkan damai kasih sesama.”
        Teater untuk pendidikan, Tigakoma Yess !!

Oleh Muh. Helmi Aditia

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar