Kamis, 29 Oktober 2015

Explore Tigakoma

Workshop 2015 Wajib Membekas!




        Minggu, 18 Oktober 2015 bertempat di taman Gedung K Universitas Muria Kudus nampak ada suatu pemandangan yang berbeda bagi Teater Tigakoma. Workshop anggota baru 2015 diadakan dengan konsep yang berbeda dari biasanya. Workshop kali ini dibuka oleh mas Agus Kriwil, salah satu pendiri Teater Tigakoma.
        Workshop 2015 sendiri diikuti sekitar 24 orang peserta yang seluruhnya merupakan calon anggota baru Teater Tigakoma 2015 atau angkatan ke-9. Dari seluruh peserta yang ada dibagi menjadi tiga RT (Rukun Tetangga), masing-masing kelompok sebelumnya telah memilih sebuah naskah untuk dipentaskan nantinya di malam puncak workshop yaitu 14 November 2015 sehingga mereka dapat mengimplementasikan secara langsung materi yang telah diberikan selama kurang lebih 1 bulan dalam kurun waktu yang berbeda mulai tanggal 18 Oktober – 14 November 2015. Diantara materi yang diberikan adalah manajemen, jurnalistik, kesastraan, artistic panggung, musik teater, keaktoran, penyutradaraan, latihan dasar dan ke-Tigakoma-an.
        “Workshop pada tahun ini teknisnya sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kami mencoba menerapkan cara yang lebih efektif yaitu pematerian tidak dilakukan secara beruntun dalam satu rangkaian acara. Pematerian tersebut kami berikan setiap satu minggu sekali agar peserta dapat lebih meresapi materi yang telah diberikan. Pemateri kita datangkan dari pegiat seni teater di Kudus dan sekitarnya” ujar Zulfi Khanif selaku ketua panitia.
        Workshop sendiri merupakan pintu awal dan bekal bagi calon anggota untuk mendalami serta berproses di dunia teater. Tentunya dasar-dasar kesenian harus mereka pahami terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh, karena dalam dunia teater seseorang dituntut mempelajari beberapa dimensi kesenian yang berbeda sekaligus.


(Oemam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar